
- Laba bersih terkonsolidasi BMHS selama 2024 tumbuh 16% YoY dan pendapatan rumah sakit baru naik 34% YoY,
- Siapkan 7 inisiatif strategis untuk hadapi 2025, berfokus pada peningkatan kualitas layanan,
- Inovasi jadi fondasi penting untuk tumbuh berkelanjutan, salah satunya dengan pengembangan sistem Robotic Surgery generasi kedua.
Jakarta, 15 Mei 2025 – PT Bundamedik Tbk (BMHS – Bundamedik Healthcare System, “Perseroan”), pada hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), menegaskan komitmen Perseroan untuk memperkuat tata kelola serta bertumbuh secara berkelanjutan. Dalam RUPST tersebut, BMHS juga memaparkan kinerja perusahaan selama 2024, yang ditandai dengan peningkatan laba bersih sebesar 16% dibanding periode sebelumnya menjadi Rp18,9 miliar, dan pendapatan bersih terkonsolidasi yang meningkat 3% (YoY) menjadi Rp1,3 triliun. Capaian ini turut didorong oleh pertumbuhan pendapatan dari rumah sakit baru sebesar 34% (YoY).
Lebih lanjut, adapun agenda dalam RUPST BMHS membahas mengenai 1) persetujuan pengesahan atas laporan tahunan Perseroan untuk Tahun Buku 2024 serta persetujuan dan pengesahan atas laporan keuangan Perseroan, 2) persetujuan penggunaan laba bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2024, 3) penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk melakukan audit atas laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2025, dan 4) pemberian kewenangan kepada Dewan Komisaris untuk menetapkan gaji dan tunjangan bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk kinerja Tahun Buku 2025.
Direktur Utama PT Bundamedik Tbk, Agus Heru Darjono, menjelaskan, “Di tengah tantangan industri yang terus berkembang, BMHS terus menjaga kinerja positif melalui langkah strategis yang tepat dan efisien. Fokus kami tidak hanya pada pertumbuhan, tetapi juga pada keberlanjutan jangka panjang, dengan terus menghadirkan layanan kesehatan unggulan yang holistik serta mengoptimalkan sumber daya demi kualitas pelayanan yang prima bagi keluarga Indonesia.”
Kemampuan berekspansi secara strategis dan efisien turut berkontribusi positif terhadap kinerja keuangan Perseroan, tercermin dari kenaikan jumlah pasien visitasi rawat jalan sebesar 9% YoY, pasien rawat inap 11% YoY, dan tindakan bedah 8% YoY. Selain fokus pada layanan OBGYN dan pediatri, BMHS juga terus memperluas kontribusi pusat layanan unggulan (Center of Excellence/COE) lainnya. Tercatat, pendapatan dari layanan non-OBGYN dan non-pediatri, termasuk bedah plastik, bedah umum, dan penyakit dalam menyumbang 54% dari total pendapatan selama 2024.
Entitas anak usaha dalam ekosistem BMHS juga terus berkontribusi positif terhadap keberlanjutan bisnis. PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (Diagnos), unit bisnis BMHS dengan fokus layanan laboratorium dan genomik, mencatat pertumbuhan pendapatan 13% (YoY). Hal ini didukung oleh peningkatan jumlah pengujian lab sebesar 27% (YoY) dan pertumbuhan pendapatan layanan genomik sebesar 37% (YoY). Morula IVF Indonesia, unit bisnis BMHS dengan fokus layanan fertilitas, mencatatkan pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan peningkatan jumlah IVF Cycle sebesar 5% dalam 5 tahun terakhir.
Strategi dan inovasi untuk tumbuh berkelanjutan dan perkuat fundamental bisnis
Sebagai bagian dari komitmen menghadirkan layanan kesehatan berstandar internasional, BMHS terus meningkatkan kualitas layanan melalui inovasi teknologi dan prinsip keberlanjutan. Di RSU Bunda Jakarta, BMHS baru-baru ini memperkenalkan sistem Robotic Surgery generasi kedua yang mampu mempercepat pemulihan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.
Selain itu, sebagai bentuk komitmen terhadap Keberlanjutan (Sustainability), BMHS memiliki kerangka kerja ESG (Environment, Social & Governance) yang berfokus pada tiga pilar utama (IBU) yaitu Inisiator yang adil dan bertanggungjawab, Bumi yang asri dan sejahtera, Utamakan pelayanan pasien. Selama 2024, Perseroan juga telah melakukan sejumlah pendekatan untuk memperkuat fundamental bisnis seperti peningkatan layanan dan customer experience secara komprehensif, sentralisasi pemenuhan kebutuhan farmasi dan medis, integrasi data layanan kesehatan di seluruh ekosistem BMHS, serta penguatan budaya perusahaan.
Komisaris Utama PT Bundamedik Tbk, dr. Ivan Rizal Sini, menambahkan, “Transformasi berkelanjutan BMHS tidak hanya berfokus pada inovasi, tetapi juga pada penguatan nilai-nilai keberlanjutan dan tata kelola yang bertanggung jawab. Kami percaya bahwa investasi pada kualitas layanan, efisiensi operasional, serta integrasi sistem yang solid menjadi fondasi dalam memperkuat daya saing dan ketahanan bisnis jangka panjang. Dengan tetap menjunjung tinggi etika pelayanan dan kepedulian terhadap pasien, BMHS berkomitmen untuk secara proaktif membangun fundamental ekosistem layanan kesehatan yang holistik di Indonesia.”
Prospek ke Depan
Pada 2025, BMHS akan melanjutkan fokus dalam peningkatan kualitas layanan melalui tujuh inisiatif strategis utama, yakni 1) pengembangan layanan terintegrasi One Menteng, 2) penguatan layanan kesehatan ibu & anak, 3) manajemen tenaga kesehatan yang semakin optimal, 4) peningkatan customer journey, 5) perluasan cakupan dan layanan rumah sakit, 6) penggunaan aset secara strategis, serta 7) optimalisasi penggunaan sumber daya. “Dengan dukungan dari Dewan Komisaris serta tenaga profesional yang kompeten, kami optimis dapat terus melangkah maju, memperkuat ketahanan kesehatan nasional yaitu dimulai dari keluarga yang sehat. Inilah semangat yang senantiasa kami junjung tinggi, yaitu semangat Because Family Matters” papar Agus.
Dengan memperkuat fundamental bisnis dan fokus yang berorientasi keberlanjutan, Perseroan kini telah mencatatkan pertumbuhan kinerja signifikan sepanjang kuartal I 2025. Laba bersih melonjak 498% dibanding kuartal sebelumnya menjadi Rp5,1 miliar, didorong efisiensi operasional dan pertumbuhan pendapatan dari rumah sakit baru sebesar 20% (YoY). Ke depan, Perseroan berkomitmen untuk terus memperkuat fundamental bisnis dan layanan kesehatan sebagai akselerator dalam pertumbuhan berkelanjutan.
***

